Temukan 5 Cara Belajar Statistika Yang Dapat Meningkatkan Pemahaman Anda Tentang Statistika

Baca Sampai Selesai Tulisan Di Bawah Ini...

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata Statistika?
 
Mungkin Anda membayangkan sederetan angka dan rumus-rumus yang membuat pusing tujuh keliling.
 
Memang benar bagi sebagian besar orang, Statistika dan ilmu hitungan lainnya adalah hal yang sulit dan membosankan.

Namun kali ini, Kami ingin berbagi tips bagaimana cara belajar statistika yang baik dan bisa meningkatkan pemahaman Anda tentang Statistika.
 
Tertarik? Yuk baca tips berikut ini : 

1. Belajar dengan teratur dan bukan sekaligus
 
Belajarlah statistik untuk satu-dua jam sehari selama enam hari.  Pembelajaran yang teratur jauh lebih efektif ketimbang harus dengan sistem kebut semalam.
 
2. Jangan malu-malu untuk bertanya pada guru atau dosen anda
 
Terkadang Kami heran sama mahasiswa yang ketika kuliah diberikan kesempatan untuk bertanya seringkali tidak ada yang mengangkat tangan. Tetapi ketika minggu depan diberikan ulasan ulang pembahasan minggu sebelumnya, hampir dipastikan mereka sudah lupa. 

Statistik itu memang kelihatan sulit tapi sebenarnya mudah.  Bertanyalah pada dosen anda karena umumnya mereka senang untuk menjelaskan.  Jika anda ingin pintar, tanyalah sama ahlinya, yaitu dosen anda.
 
3. Berlatih
 
Berlatihlah sebanyak mungkin dengan variasi soal sebanyak mungkin.  Hal ini akan memperkaya pengetahuan anda akan statistik.  Anda tidak bisa hanya membaca tanpa praktek.  Ini adalah kunci sukses semua pelajar unggul.  Belajar dan praktekkan berulang-ulang sampai mahir.

4. Lupakan rumusnya
 
Iya, betul, lupakan saja rumusnya. Statistik bukan belajar menghapal rumus. Yang penting ialah kamu tahu kapan menggunakan rumus-rumus statistik itu dan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Sangat jarang ada orang yang masih ingat rumus-rumus statistik jika ditanyakan beberapa bulan ke depan. 

Bukan berarti rumus tidak penting, rumus  tetap akan digunakan jika kita sudah masuk dalam tahap pelaksanaan atau pengerjaan. Kalau memang rumus diperlukan lagi, tinggal buka saja lagi bukunya atau search di google.

5. Gunakan program statistik
 
Saat ini sudah banyak program-program statistik yang beredar seperti : SPSS, Minitab, SAS, STATA, Excel, Eviews, LISREL dan lain-lain. Program statistik ini sangat meringankan tugas seorang peneliti. Peneliti tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual dengan rumus-rumus yang rumit dan memusingkan. 

Peneliti hanya perlu tahu senjata (baca: alat analisis statistik) yang diperlukan ketika menghadapi permasalahan yang ada kemudian diselesaikan dengan komputer. Saat ini sudah banyak beredar buku yang membahas aplikasi program statistik di toko-toko buku. Tinggal dipilih saja. 

Jika Anda kesulitan dalam Belajar Statistika, Anda dapat mengikuti Privat Statistika

Suka dengan tips ini? Yuk share ke temannya

This is the bottom slider area. You can edit this text and also insert any element here. This is a good place if you want to put an opt-in form or a scarcity countdown.